shape
shape

PERAN SENTRA LAYANAN UNIVERSITAS TERBUKA (SALUT) DALAM MELAYANI MAHASISWA DI DAERAH

UT Bogor Image

PERAN SENTRA LAYANAN UNIVERSITAS TERBUKA (SALUT) DALAM MELAYANI MAHASISWA DI DAERAH

Oleh Memet Casmat *)

BOGOR - Universitas Terbuka (UT) merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang didesain untuk menyediakan akses pendidikan tinggi kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu maupun lokasi.
Dalam mendukung keberhasilan misi ini, UT mendirikan Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT), sebagai pusat layanan terintegrasi bagi mahasiswa yang tersebar di berbagai daerah. SALUT hadir untuk memberikan dukungan dalam berbagai aspek, baik akademik maupun non-akademik, sehingga mahasiswa dapat menjalani perkuliahan dengan optimal.

Salah satu fungsi utama SALUT adalah mendukung mahasiswa dalam kegiatan akademik. Mahasiswa baru seringkali memerlukan bantuan dalam menentukan jurusan atau program studi yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan tujuan kariernya. SALUT memberikan layanan konsultasi agar membantu mahasiswa membuat keputusan yang tepat.

Selanjutnya, SALUT mempermudah mahasiswa dalam mengikuti berbagai jenis perkuliahan, seperti: Tutorial Online (Tuton), mahasiswa mendapatkan akses ke tutorial online yang terintegrasi dengan portal e-learning UT, SALUT memastikan mahasiswa memahami cara mengakses dan memanfaatkan platform ini.

Pelayan lainnya, SALUT juga menyelenggarakan kegiatan perkuliahan tatap muka di wilayah tertentu untuk mendukung pemahaman materi yang lebih mendalam, termasuk pelaksanaan Ujian Tatap Muka (UTM) dan Ujian Online (UO), SALUT membantu dalam proses penyelenggaraannya, termasuk memberikan informasi jadwal ujian serta panduan teknis pelaksanaannya.

Lebih jauh, penulis mewawancarai Kepala SALUT Cendekia, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat, Muhammad Rizal Zain, S.Ak, C.STMI, menyampaikan bahwa, "Dalam model pendidikan UT yang mengedepankan pembelajaran mandiri, SALUT memberikan motivasi dan strategi belajar efektif agar mahasiswa dapat mengatur waktu dengan baik. Selain mendukung kegiatan akademik, SALUT juga memberikan layanan non-akademik yang sangat esensial".

"Misalnya membantu mahasiswa dalam proses registrasi kuliah online, pendaftaran untuk Ujian Akhir Semester (UAS) dan percetakan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU). Dengan pelayanan ini, mahasiswa dapat memastikan semua administrasi terpenuhi tanpa kendala." jelasnya dengan penuh semangat.

Pendiri SALUT Juara ke-1 Terbaik se-Indonesia Tahun 2024 ini, menegaskan bahwa "Mayoritas mahasiswa UT adalah individu yang bekerja sambil kuliah. SALUT berperan memberikan motivasi agar mahasiswa dapat menjaga keseimbangan antara pekerjaan, studi, dan kehidupan pribadi. Dukungan ini meliputi panduan mengatur waktu secara efektif dan tips menjaga semangat belajar meski dalam kesibukan." ungkapnya dengan semangat.

Kang Rizal, begitu panggilan akrabnya, selalu dekat dengan mahasiswa UT dengan memberikan motivasi agar selalu semangat belajar dan bekerja, serta jangan lupa selalu menjaga kesehatan sebagai aspek penting dalam kesuksesan perkuliahan, terbukti dengan membersamai mahasiswa UT mendaki gunung atau olahraga pagi di alun-alun Cisaat, Sukabumi.

Keberadaan SALUT harus menjadi salah satu kunci keberhasilan mahasiswa UT dalam menyelesaikan studi tepat waktu. Dengan layanan aspek akademik dan non-akademik, SALUT memastikan mahasiswa memiliki pengalaman belajar yang lancar, terfasilitasi dengan baik, dan didukung oleh lingkungan yang memotivasi belajar, sehingga peran SALUT tidak hanya menjadi pusat layanan, tetapi juga mitra strategis mahasiswa UT dalam mencapai kesuksesan akademik secara profesional.

Dengan bantuan SALUT, mahasiswa UT dapat menyeimbangkan pekerjaan dan studi, menjaga semangat belajar, dan meraih kelulusan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. Semoga bermanfaat.

SukabuMi, 17/12/2024
*) Staf Dosen di UT Bogor
#Menulis Caraku Mengikat Ilmu

Layanan Online