Panduan Pendaftaran Lengkap Universitas Terbuka Bogor

Home / Informasi Pendaftaran

UT Bogor  
50467

Universitas Terbuka, lembaga pendidikan terkemuka yang memberikan kesempatan belajar bagi semua kalangan, telah membuka pintu pendaftaran untuk mahasiswa baru. Untuk memudahkan calon mahasiswa, berikut adalah panduan lengkap tahapan pendaftaran yang perlu diikuti:

  1. PAHAMI TAHAPAN ADMISI DAN CEK BERKAS
    1. Mahasiswa melakukan admisi atau pendaftaran sebagai calon mahasiswa Universitas Terbuka (UT).
    2. Admisi dapat dilakukan melalui laman https://admisi-sia.ut.ac.id
    3. Calon mahasiswa mengisi data pribadi dan alamat email aktif yang belum terdaftar UT. Sistem akan mengirimkan link aktivasi ke email calon mahasiswa untuk melakukan proses verifiaksi email yang telah di daftarkan.
    4. Jika sudah berhasil verifikasi, calon mahasiswa dapat mengakses akunnya pada laman https://admisi-sia.ut.ac.id dengan masuk ke bagian laman masuk sebagai calon mahasiswa dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan. Selain itu, calon mahasiswa harus langsung mencetak lembar informasi pembayaran admisi (LIP-A) pada laman tersebut. Bagi calon mahasiswa yang melaksanakan pendaftaran melalui UT Daerah, LIP-A dapat langsung dicetak di sana.
    5. Calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran billing admisi melalui BRI/BTN/MANDIRI/BNI/ALFAGROUP/INDOMARET sebesar Rp.100.000,- Untuk Jalur Non RPL, dan Rp.400.000,- Untuk RPL.
    6. Setelah billing dinyatakan lunas dari bank, calon mahasiswa dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu tahapan registrasi data pribadi

  2. MEMILIH JALUR RPL ATAU NON RPL
  3. Saat memilih layanan ini mahasiswa diharuskan memperhatikan betul pemilihan layanan RPL. Rekognisi Pembelajaran Lampau yang selanjutnya disingkat RPL, merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu. Untuk tahapan pendaftaran RPL terdiri dari 3 rangkaian validasi data pribadi, yaitu :
    1. Sesi Pengecekan Berkas Persyaratan
    2. Sesi Validasi Pengajuan RPL
    3. Sesi Assesment RPL

    Sederhananya jika anda masukan dari D2, D3, S1 atau sudah pernah kuliah sebelumnya dan ingin melanjutkan kembali, Silahkan pilih RPL. Namun sebaliknya jika ingin mengulang kembali dari awal atau lulusan baru dari SMA/SMK, silakan pilih Non RPL. Pastikan rekan-rekan memilih layanan yang tepat.

  4. PILIHAN LAYANAN SIPAS ATAU NON SIPAS
  5. Langkah selanjutnya sebagai calon mahasiswa harus memastikan pilihan layanan Sipas atau Non Sipas. Adapun deskripsi komponen layanan setiap jenis adalah sebagai berikut :
    1. SIPAS Non TTM (Paket Tanpa Tutorial Tatap Muka)
    2. merupakan jenis layanan Sistem Paket Semester. UT membuat kurikulum agar mahasiswa bisa memahami perkuliahan dengan mudah dan menyenangkan. Mahasiswa cukup mengambil paket yang ditentukan UT tiap semesternya dengan biaya yang sama atau flat sampai selesai masa studinya.
    3. NON-SIPAS (Non Paket)
    4. merupakan jenis layanan Non Sistem Paket Semester. Artinya, Mahasiswa bisa fleksibel memilih matakuliah yang harus diambil setiap semesternya. Kami berikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengatur sendiri seberapa banyak sistem kredit semester yang ingin diambil.

  6. REGISTRASI DATA PRIBADI
    1. Registrasi data pribadi dilakukan jika calon mahasiswa sudah siap menjadi mahasiswa UT. Calon mahasiswa diharapkan sudah membaca katalog Universitas Terbuka sebelum melakukan registrasi data pribadi.
    2. Data pribadi dilakukan melalui laman https://admisi-sia.ut.ac.id dibagian menu masuk sebagai calon mahasiswa baru
    3. Yang harus diisi calon mahasiswa baru nanti adalah :
      1. Data diri lengkap calon mahasiswa
      2. Informasi kontak
      3. Informasi akademik atau pendidikan
      4. Informasi tambahan
      5. Pendataan guru (Khusus FKIP selain Pendidikan Agama Islam, PGSD prajabatan dan PGPAUD prajabatan)
      6. Disarankan ada Kelompok belajar (untuk jurusan PGSD/PGPAUD)
      7. Pendaftaran difabel
      8. Unggah berkas wajib pendaftaran yang dipersyaratkan oleh UT (informasi syarat pendaftaran terdapat di website UT).
    4. Calon mahasiswa wajib mengunggah seluruh hasil scan berkas yang disyaratkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    5. Validasi akan dilakukan Tim Registrasi dalam waktu maksimal 3x24 Jam.
    6. Sudah berhasil divalidasi, maka calon mahasiswa mendapatkan email sudah tervalidasi. Selain itu, calon mahasiswa akan mendapatkan nomor induk mahasiswa (NIM) dan dinyatakan resmi sebagai mahasiswa UT.
    7. Mahasiswa dapat mencetak kartu tanda mahasiswa sementara (KTMS).
    8. Mahasiswa dapat melihat dashboard pada laman https://admisi-sia.ut.ac.id yang menampilkan informasi profil mahasiswa, info billing tagihan, perkembangan akademik dan agenda kegiatan akademik dapat digunakan untuk membantu mahasiswa selama kuliah di UT.

  7. REGISTRASI MATA KULIAH DAN PEMBAYARAN
    1. Registrasi mata kuliah dilakukan melalui https://admisi-sia.ut.ac.id di menu admisi Sarjana dan Diploma untuk mahasiswa baru. Selanjutnya sistem akan menerbitkan tagihan berupa lembar informasi pembayaran registrasi (LIP-R).
    2. Pembayaran (LIP-R) melalui BRI/BTN/MANDIRI/BNI/ALFAGROUP/INDOMARET sebelum batas akhir tanggal pembayaran SPP.
    3. Pembayaran dinyatakan lunas, mahasiswa akan mendapatkan email tentang username dan password email ecampus.ut.ac.id.
    4. Mahasiswa mengakses laman https://myut.ut.ac.id dengan menggunakan email ecampus.ut.ac.id yang sudah didapatkan melalui email.
    5. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, calon mahasiswa dapat dengan mudah menjalani proses pendaftaran di Universitas Terbuka. Selamat berkuliah dan raihlah ilmu sebanyak-banyaknya!



bersama Universitas Terbuka

Kuliah bisa dimana ajah!


Saatnya jadi bagian dari Universitas Terbuka Bogor!!!

Pendaftaran Jalur RPL

05 Mei 2025 - 22 Juli 2025

Pendaftaran Jalur Umum

05 Mei 2025 - 05 Agustus 2025


Saatnya Daftar

Wujudkan impian anda kuliah di Universitas Negeri dengan Biaya Terjangkau dan Terakreditasi


Daftar Sekarang