Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru dan Panduan Registrasi Semester 2023/2024 (2023 ganjil)
Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru dan Registrasi Matakuliah
Sehubungan dengan telah dimulainya pelaksanaan registrasi program Diploma dan Sarjana semester 2023/2024 (2023 ganjil). disampaikan beberapa hal sebagai berikut :
1. Waktu admisi/pendaftaran mahasiswa baru yaitu :
a. Jalur RPL dari tanggal 1 Juni - 20 Juli 2023
b. Jalur Non RPL dari tanggal 11 Mei - 8 Agustus 2023
2. Waktu Pembayaran LIP admisi/pendaftaran yaitu :
a. Jalur RPL dari tanggal 1 Juni - 27 Juli 2023
b. Jalur Non RPL dari tanggal 11 Mei - 16 Agustus 2023
3. Waktu Unggah berkas mahasiswa baru yaitu :
a. Jalur RPL dari tanggal 1 Juni - 31 Juli 2023
b. Jalur Non RPL dari tanggal 11 Mei - 21 Agustus 2023
4. Waktu registrasi matakuliah bagi mahasiswa baru dan mahasiswa lama (on going) yaitu 13 Juni - 6 September 2023.
5. Waktu pembayaran LIP-R (uang kuliah) bagi mahasiswa baru dan mahasiswa lama (on going) yaitu 13 Juni - 11 September 2023
Panduan Registrasi Mahasiswa Baru
Untuk skema pendaftaran mahasiswa baru, terdapat 5 tahapan yang harus diikuti, yaitu :
1. Tahapan admisi dan mengecek berkas
2. Pilih Layanan RPL atau Non RPL
3. Pilih Layanan Sipas atau Non Sipas
4. Tahapan Registrasi Data Pribadi
5. Tahapan Registrasi Mata Kuliah
1. Tahapan admisi dan mengecek berkas
A. Admisi dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa lebih mengenal Universitas Terbuka.
B. Admisi dapat dilakukan melalui laman https://admisi-sia.ut.ac.id
C. Calon mahasiswa mengisi data pribadi dan alamat email aktif yang belum terdaftar UT. Sistem akan mengirimkan link aktivasi ke email calon mahasiswa untuk melakukan proses verifiaksi email yang telah di daftarkan.
D. Jika sudah berhasil verifikasi, calon mahasiswa dapat mengakses akunnya pada laman https://sia.ut.ac.id dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan. Selain itu, calon mahasiswa dapat langsung mencetak lembar informasi pembayaran admisi (LIP-A) pada laman tersebut. Bagi calon mahasiswa yang melaksanakan pendaftaran melalui UPBJJ-UT, LIP-A dapat langsung di cetak di UPBJJ-UT tersebut.
E. Calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran billing admisi melalui BRI/BTN/MANDIRI/BNI/ALFAGROUP/INDOMARET sebesar Rp.100.000,- Untuk Non RPL, dan Rp.400.000,- Untuk RPL.
F. Setelah billing dinyatakan lunas dari bank, calon mahasiswa dapat mengunduh katalog dan KIT Universitas Terbuka.
G. Pembayaran LIP-A yang telah lunas tidak dapat dikembalikan.
H. Bagi mahasiswa beasiswa tetap harus melakukan proses admisi dan melakukan pembayaran LIP-A.
I. Batas admisi dan batas bayar admisi dilaksanakan pada tanggal 11 Mei - 8 Agustus 2023.
2. Memilih Program RPL atau Non RPL
Saat memilih layanan ini mahasiswa diharuskan memperhatikan betul pemilihan layanan RPL. Rekognisi Pembelajaran Lampau yang selanjutnya disingkat RPL, merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu. Informasi lengkapnya klik panduannya di tautan berikut Download Tautan Pedoman RPL.
Sederhananya jika anda masukan dari D2, D3, S1 atau sudah pernah kuliah sebelumnya dan ingin melanjutkan kembali, Silahkan pilih RPL. Namun sebaliknya jika ingin mengulang kembali dari awal, silakan pilih Non RPL Pastikan rekan-rekan memilih layanan yang tepat.
3. Pilihan Jenis Layanan Sipas
Langkah selanjutnya sebagai calon mahasiswa harus memastikan pilihan layanan Sipas atau Non Sipas. Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) terdiri dari SIPAS Non TTM. Adapun deskripsi komponen layanan setiap jenis SIPAS adalah sebagai berikut :
1. SIPAS Non TTM meliputi : OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, praktik/praktikum seluruh mata kuliah paket, Tutorial Online (TUTON), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah (Karil), Wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah(UPI)/Pengembalian Ijazah (PI).
2. Biaya Uang Kuliah dan Layanan Akademik Lainnya per Semester Program Diploma dan Sarjana Non Sistem Paket Semester, serta informasi selengkapnya terdapat pada Katalog Sistem Penyelenggaraan.
4. Registrasi Data Pribadi
A. Registrasi data pribadi dilakukan jika calon mahasiswa sudah siap menjadi mahasiswa UT. Calon mahasiswa diharapkan sudah membaca katalog dan KIT Universitas Terbuka sebelum melakukan registrasi data pribadi.
B. Registrasi data pribadi dilakukan melalui laman https://sia.ut.ac.id menu admisi Sarjana dan Diploma untuk mahasiswa baru.
C. Data yang harus diisi calon mahasiswa adalah
- Data diri lengkap calon mahasiswa
- Informasi kontak
- Informasi akademik
- Informasi tambahan
- Pendataan guru (Khusus Program FKIP)
- Kelompok belajar (untuk jurusan pendas)
- Pendaftaran diFabel
- Unggah berkas wajib
D. Calon mahasiswa wajib mengunggah seluruh hasil scan berkas yang disyaratkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
E. Validasi akan dilakukan BAKP Registrasi dalam waktu maksimal 3x24 Jam.
F. Jika sudah berhasil divalidasi, maka calon mahasiswa mendapatkan email sudah tervalidasi. Selain itu, calon mahasiswa akan mendapatkan nomor induk mahasiswa (NIM) dan dinyatakan resmi sebagai mahasiswa UT.
G. Mahasiswa dapat mencetak kartu tanda mahasiswa sementara (KTMS) dan surat pernyataan. Surat pernyataan akan muncul apabila mahasiswa mengambil skema AKPMM.
H. Mahasiswa dapat melihat dashboard pada laman https://sia.ut.ac.id yang menampilkan informasi profil mahasiswa, info billing tagihan, perkembangan akademik dan agenda kegiatan akademik dapat digunakan untuk membantu mahasiswa selama kuliah di UT.
I. Registrasi data pribadi dilaksanakan pada tanggal 11 Mei - 21 Agustus 2023.
5. Registrasi mata kuliah dan melakukan pembayaran
A. Registrasi mata kuliah dilakukan melalui https://sia.ut.ac.id menu admisi Sarjana dan Diploma untuk mahasiswa baru. Selanjutnya sistem akan menerbitkan tagihan berupa lembar informasi pembayaran registrasi (LIP-R).
B. Pembayaran (LIP-R) melalui BRI/BTN/MANDIRI/BNI/ALFAGROUP/INDOMARET sebelum batas akhir tanggal pembayaran SPP.
C. Setelah pembayaran dinyatakan lunas, mahasiswa akan mendapatkan email tentang username dan password email ecampus.ut.ac.id.
D. Selanjutnya mahasiswa mengakses laman https://sia.ut.ac.id dengan menggunakan email ecampus.ut.ac.id.
E. Registrasi mata kuliah dilaksanakan pada tanggal 13 Juni - 6 September 2023.