Panduan Pendaftaran Lengkap Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Bogor!
Untuk konsultasi dengan kami secara online bisa klik disini
Untuk informasi seputar brosur, bisa download dengan klik disini
Universitas Terbuka, lembaga pendidikan terkemuka yang memberikan
kesempatan belajar bagi semua kalangan, telah membuka pintu pendaftaran untuk
mahasiswa baru pada semester 2024/2025. Untuk memudahkan calon mahasiswa,
berikut adalah panduan lengkap tahapan pendaftaran yang perlu diikuti:
1. PAHAMI TAHAPAN ADMISI DAN CEK BERKAS
a.
Mahasiswa melakukan admisi atau
pendaftaran sebagai calon mahasiswa Universitas Terbuka (UT).
b.
admisi dapat dilakukan melalui
laman https://admisi-sia.ut.ac.id
c.
Calon mahasiswa mengisi data
pribadi dan alamat email aktif yang belum terdaftar UT. Sistem akan mengirimkan
link aktivasi ke email calon mahasiswa untuk melakukan proses verifikasi email yang
telah di daftarkan.
d.
Jika sudah berhasil verifikasi,
calon mahasiswa dapat mengakses akunnya pada laman https://admisi-sia.ut.ac.id
dengan masuk ke bagian laman “masuk sebagai calon mahasiswa” dengan menggunakan
email dan password yang telah didaftarkan.
e.
Selain itu, calon mahasiswa harus
langsung mencetak lembar informasi pembayaran admisi (LIP-A) pada laman
tersebut. Bagi calon mahasiswa yang melaksanakan pendaftaran melalui UT Daerah,
LIP-A dapat langsung dicetak di sana.
f.
Calon mahasiswa dapat melakukan
pembayaran billing admisi melalui BRI/BTN/MANDIRI/BNI/ALFAGROUP/INDOMARET
sebesar Rp.100.000,- Untuk Jalur Non RPL, dan Rp.400.000,- Untuk RPL.
g.
Setelah billing dinyatakan
lunas dari bank, calon mahasiswa dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu
tahapan registrasi data pribadi.
2. MEMILIH JALUR RPL ATAU NON RPL
Saat memilih layanan ini mahasiswa diharuskan memperhatikan betul
pemilihan layanan RPL. Rekognisi Pembelajaran Lampau yang selanjutnya disingkat
RPL, merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh
dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai
dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan
dengan kualifikasi tertentu. Untuk tahapan
pendaftaran RPL terdiri dari 3 rangkaian validasi data pribadi, yaitu :
a.
Sesi Pengecekan Berkas
Persyaratan
b.
Sesi Validasi Pengajuan RPL
c.
Sesi Assesment RPL
Sederhananya jika anda masukan dari D2, D3, S1, atau sudah pernah
kuliah sebelumnya dan ingin melanjutkan kembali, Silahkan pilih RPL. Namun
sebaliknya jika ingin mengulang kembali dari awal atau lulusan baru dari
SMA/SMK, silakan pilih Non RPL Pastikan rekan-rekan memilih layanan yang tepat.
3. PILIHAN LAYANAN SIPAS ATAU NON SIPAS
Langkah selanjutnya sebagai calon mahasiswa harus memastikan pilihan
layanan Sipas atau Non Sipas. Adapun deskripsi komponen layanan setiap jenis
adalah sebagai berikut :
- SIPAS Non TTM merupakan jenis layanan Sistem
Paket Semester. UT membuat kurikulum agar mahasiswa bisa memahami perkuliahan
dengan mudah dan menyenangkan. Mahasiswa cukup mengambil paket yang ditentukan
UT tiap semesternya dengan biaya yang sama atau flat sampai selesai masa
studinya.
- NON-SIPAS merupakan jenis layanan Non
Sistem Paket Semester. Artinya, Mahasiswa bisa fleksibel memilih matakuliah
yang harus diambil setiap semesternya. Kami berikan kemudahan bagi mahasiswa
untuk mengatur sendiri seberapa banyak sistem kredit semester yang ingin
diambil.
Untuk kisaran biaya persemester untuk SIPAS dan NON-SIPAS adalah
sebagai berikut :
a.
SIPAS
- Program Studi PGSD dan PGPAUD : Rp.1.700.000 – 2.500.000,-
- Program Studi S1 Pariwisata : Rp.1.900.000,-
- Program Studi S1 Sistem Informasi : Rp.1.800.000,-
- Program Studi S1 Perencanaan Wilayah Kota dan Lingkungan :
Rp.1.750.000,-
- Program Studi S1 selain program yang disebutkan : Rp.1.300.000,-
b.
NON-SIPAS
Untuk biaya NON-SIPAS dihitung sesuai dengan jumlah sks yang diambil
ditambah biaya bahan ajar sesuai dengan matakuliah yang diambil. Maksimal 20
sks untuk mahasiswa baru. Adapun kisaran biayanya mulai dari Rp.36.000,- sampai
Rp. 80.000,-
4. REGISTRASI DATA PRIBADI
a.
Registrasi data pribadi
dilakukan jika calon mahasiswa sudah siap menjadi mahasiswa UT. Calon mahasiswa
diharapkan sudah membaca katalog dan KIT Universitas Terbuka sebelum melakukan
registrasi data pribadi.
b.
Registrasi data pribadi
dilakukan melalui laman https://admisi-sia.ut.ac.id dibagian menu “masuk
sebagai calon mahasiswa baru”
c.
Data yang harus diisi calon
mahasiswa baru nanti adalah :
Data diri lengkap calon mahasiswa
- Informasi kontak
- Informasi akademik atau pendidikan
- Informasi tambahan
- Pendataan guru (Khusus FKIP)
- Disarankan
ada Kelompok belajar (untuk Program Studi
PGSD/PGPAUD)
- Pendaftaran difabel
- Unggah berkas wajib pendaftaran yang dipersyaratkan
oleh UT (informasi syarat pendaftaran terdapat di website UT).
d.
Calon mahasiswa wajib
mengunggah seluruh hasil scan berkas yang disyaratkan sesuai dengan ketentuan
yang berlaku.
e.
Validasi akan dilakukan bagian registrasi dalam waktu maksimal 3x24
Jam.
f.
Jika sudah berhasil divalidasi,
maka calon mahasiswa mendapatkan email sudah tervalidasi. Selain itu, calon
mahasiswa akan mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa
(NIM) dan dinyatakan resmi sebagai mahasiswa UT.
g.
Mahasiswa dapat mencetak kartu
tanda mahasiswa sementara (KTMS).
h.
Mahasiswa dapat melihat
dashboard pada laman https://admisi-sia.ut.ac.id yang menampilkan informasi
profil mahasiswa, info billing tagihan, perkembangan akademik, dan agenda kegiatan akademik dapat digunakan
untuk membantu mahasiswa selama kuliah di UT.
i.
Registrasi data pribadi
dilaksanakan pada tanggal 5 November 2023 – 5 Februari 2024 Untuk mahasiswa
jalur RPL, 5 November 2023 – 29 Februari 2024 untuk mahasiswa jalur NON-RPL.
5. REGISTRASI MATA KULIAH DAN PEMBAYARAN
a.
Registrasi mata kuliah
dilakukan melalui https://admisi-sia.ut.ac.id di menu admisi Sarjana dan
Diploma untuk mahasiswa baru. Selanjutnya sistem akan menerbitkan tagihan
berupa lembar informasi pembayaran registrasi (LIP-R).
b.
Pembayaran (LIP-R) melalui
BRI/BTN/MANDIRI/BNI/ALFAGROUP/INDOMARET sebelum batas akhir tanggal pembayaran
SPP.
c.
Setelah pembayaran dinyatakan
lunas, mahasiswa akan mendapatkan email tentang username dan password email
ecampus.ut.ac.id.
d.
Selanjutnya mahasiswa mengakses
laman https://myut.ut.ac.id dengan menggunakan email ecampus.ut.ac.id yang
sudah didapatkan melalui email.
e.
Registrasi mata kuliah
dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2023 – 1 Maret 2024.
Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, calon mahasiswa dapat
dengan mudah menjalani proses pendaftaran di Universitas Terbuka. Selamat
berkuliah dan raihlah ilmu sebanyak-banyaknya!