• Today: April 29, 2024

Panduan Pendaftaran Lengkap Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Bogor!

22 November, 2023
11509

Untuk konsultasi dengan kami secara online bisa klik disini 

Untuk informasi seputar brosur, bisa download dengan klik disini


Universitas Terbuka, lembaga pendidikan terkemuka yang memberikan kesempatan belajar bagi semua kalangan, telah membuka pintu pendaftaran untuk mahasiswa baru pada semester 2024/2025. Untuk memudahkan calon mahasiswa, berikut adalah panduan lengkap tahapan pendaftaran yang perlu diikuti:

1.    PAHAMI TAHAPAN ADMISI DAN CEK BERKAS

a.       Mahasiswa melakukan admisi atau pendaftaran sebagai calon mahasiswa Universitas Terbuka (UT).

b.      admisi dapat dilakukan melalui laman https://admisi-sia.ut.ac.id

c.       Calon mahasiswa mengisi data pribadi dan alamat email aktif yang belum terdaftar UT. Sistem akan mengirimkan link aktivasi ke email calon mahasiswa untuk melakukan proses verifikasi email yang telah di daftarkan.

d.      Jika sudah berhasil verifikasi, calon mahasiswa dapat mengakses akunnya pada laman https://admisi-sia.ut.ac.id dengan masuk ke bagian laman “masuk sebagai calon mahasiswa” dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan.

e.       Selain itu, calon mahasiswa harus langsung mencetak lembar informasi pembayaran admisi (LIP-A) pada laman tersebut. Bagi calon mahasiswa yang melaksanakan pendaftaran melalui UT Daerah, LIP-A dapat langsung dicetak di sana.

f.        Calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran billing admisi melalui BRI/BTN/MANDIRI/BNI/ALFAGROUP/INDOMARET sebesar Rp.100.000,- Untuk Jalur Non RPL, dan Rp.400.000,- Untuk RPL.

g.       Setelah billing dinyatakan lunas dari bank, calon mahasiswa dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu tahapan registrasi data pribadi.

 

2.    MEMILIH JALUR RPL ATAU NON RPL

Saat memilih layanan ini mahasiswa diharuskan memperhatikan betul pemilihan layanan RPL. Rekognisi Pembelajaran Lampau yang selanjutnya disingkat RPL, merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu. Untuk tahapan pendaftaran RPL terdiri dari 3 rangkaian validasi data pribadi, yaitu :

a.       Sesi Pengecekan Berkas Persyaratan

b.      Sesi Validasi Pengajuan RPL

c.       Sesi Assesment RPL

Sederhananya jika anda masukan dari D2, D3, S1, atau sudah pernah kuliah sebelumnya dan ingin melanjutkan kembali, Silahkan pilih RPL. Namun sebaliknya jika ingin mengulang kembali dari awal atau lulusan baru dari SMA/SMK, silakan pilih Non RPL Pastikan rekan-rekan memilih layanan yang tepat.

3.    PILIHAN LAYANAN SIPAS ATAU NON SIPAS

Langkah selanjutnya sebagai calon mahasiswa harus memastikan pilihan layanan Sipas atau Non Sipas. Adapun deskripsi komponen layanan setiap jenis adalah sebagai berikut : 

- SIPAS Non TTM merupakan jenis layanan Sistem Paket Semester. UT membuat kurikulum agar mahasiswa bisa memahami perkuliahan dengan mudah dan menyenangkan. Mahasiswa cukup mengambil paket yang ditentukan UT tiap semesternya dengan biaya yang sama atau flat sampai selesai masa studinya.

- NON-SIPAS merupakan jenis layanan Non Sistem Paket Semester. Artinya, Mahasiswa bisa fleksibel memilih matakuliah yang harus diambil setiap semesternya. Kami berikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengatur sendiri seberapa banyak sistem kredit semester yang ingin diambil.

Untuk kisaran biaya persemester untuk SIPAS dan NON-SIPAS adalah sebagai berikut :

a.       SIPAS

- Program Studi PGSD dan PGPAUD : Rp.1.700.000 – 2.500.000,-

- Program Studi S1 Pariwisata : Rp.1.900.000,-

- Program Studi S1 Sistem Informasi : Rp.1.800.000,-

- Program Studi S1 Perencanaan Wilayah Kota dan Lingkungan : Rp.1.750.000,-

- Program Studi S1 selain program yang disebutkan : Rp.1.300.000,-

b.      NON-SIPAS

Untuk biaya NON-SIPAS dihitung sesuai dengan jumlah sks yang diambil ditambah biaya bahan ajar sesuai dengan matakuliah yang diambil. Maksimal 20 sks untuk mahasiswa baru. Adapun kisaran biayanya mulai dari Rp.36.000,- sampai Rp. 80.000,-

4.    REGISTRASI DATA PRIBADI

a.       Registrasi data pribadi dilakukan jika calon mahasiswa sudah siap menjadi mahasiswa UT. Calon mahasiswa diharapkan sudah membaca katalog dan KIT Universitas Terbuka sebelum melakukan registrasi data pribadi.

b.      Registrasi data pribadi dilakukan melalui laman https://admisi-sia.ut.ac.id dibagian menu “masuk sebagai calon mahasiswa baru”

c.       Data yang harus diisi calon mahasiswa baru nanti adalah :

Data diri lengkap calon mahasiswa

                - Informasi kontak

                - Informasi akademik atau pendidikan

                - Informasi tambahan

                - Pendataan guru (Khusus FKIP)

 - Disarankan ada Kelompok belajar (untuk Program Studi PGSD/PGPAUD)

                - Pendaftaran difabel

- Unggah berkas wajib pendaftaran yang dipersyaratkan oleh UT (informasi syarat pendaftaran terdapat di website UT).

d.      Calon mahasiswa wajib mengunggah seluruh hasil scan berkas yang disyaratkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

e.       Validasi akan dilakukan bagian registrasi dalam waktu maksimal 3x24 Jam.

f.        Jika sudah berhasil divalidasi, maka calon mahasiswa mendapatkan email sudah tervalidasi. Selain itu, calon mahasiswa akan mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan dinyatakan resmi sebagai mahasiswa UT.

g.       Mahasiswa dapat mencetak kartu tanda mahasiswa sementara (KTMS).

h.      Mahasiswa dapat melihat dashboard pada laman https://admisi-sia.ut.ac.id yang menampilkan informasi profil mahasiswa, info billing tagihan, perkembangan akademik, dan agenda kegiatan akademik dapat digunakan untuk membantu mahasiswa selama kuliah di UT.

i.         Registrasi data pribadi dilaksanakan pada tanggal 5 November 2023 – 5 Februari 2024 Untuk mahasiswa jalur RPL, 5 November 2023 – 29 Februari 2024 untuk mahasiswa jalur NON-RPL.

  5.  REGISTRASI MATA KULIAH DAN PEMBAYARAN

a.       Registrasi mata kuliah dilakukan melalui https://admisi-sia.ut.ac.id di menu admisi Sarjana dan Diploma untuk mahasiswa baru. Selanjutnya sistem akan menerbitkan tagihan berupa lembar informasi pembayaran registrasi (LIP-R).

b.      Pembayaran (LIP-R) melalui BRI/BTN/MANDIRI/BNI/ALFAGROUP/INDOMARET sebelum batas akhir tanggal pembayaran SPP.

c.       Setelah pembayaran dinyatakan lunas, mahasiswa akan mendapatkan email tentang username dan password email ecampus.ut.ac.id.

d.      Selanjutnya mahasiswa mengakses laman https://myut.ut.ac.id dengan menggunakan email ecampus.ut.ac.id yang sudah didapatkan melalui email.

e.       Registrasi mata kuliah dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2023 – 1 Maret 2024.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, calon mahasiswa dapat dengan mudah menjalani proses pendaftaran di Universitas Terbuka. Selamat berkuliah dan raihlah ilmu sebanyak-banyaknya!