wrapper

Breaking News

Berita

Berita

AAOU 2017

The AAOU Annual Conference has established itself as one of the leading educational events worldwide which is much awaited by world class educational experts in the field of open and distance learning (ODL), especially those from the Asia region. For several decades, ODL has been proven as an effective means in human capacity building across nations. A wide country with its great diversity in culture and accessibility to education such as Indonesia has benefited by the use of the ODL system. More ...

BOGOR – Rising to the call is back! Begitu seruan beberapa siswa/siswi SMA & SMK Kab/Ko Bogor ketika panitia RTTC menyambangi sekolah-sekolah untuk menyebarkan tiket masuk RTTC. Hal ini pun tercermin dari jumlah peserta RTTC yang datang berduyun-duyun dari pagi hingga siang hari selama dua hari pelaksanaan kegiatan yakni pada tanggal 29-30 Maret 2017. Sebanyak 725 pelajar dari 13 sekolah di Kabupaten dan Kota Bogor berkompetisi mengerjakan soal try out. Kegiatan RTTC yang mengusung tema “I am here to be awsome” bertujuan untuk membantu mempersiapkan siswa-siswi SMA/SMK menghadapi Ujian Nasional (UN) dan membuka wawasan peserta mengenai tantangan setelah lulus sekolah yang mengharuskan mereka mengenyam pendidikan tinggi dan memiliki pengalaman kerja secara bersamaan agar dapat bersaing dengan tenaga kerja luar negeri dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu pemerintah dalam menghadapi Bonus Demografi pada tahun 2020 yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia.

Kegiatan ini merupakan salah bentuk kegiatan sosialisasi dan promosi UT Bogor sekaligus bentuk pengabdian UT Bogor pada masyarakat. UT Bogor berupaya mengandeng Pusat Humas dan Hubungan Internasional (Pushui) UT, Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA-UT), STAEDTLER, BRI, air minum AMIDIS dan Nutrifood untuk berperan serta sebagai sponsor. Untuk ini Jajaran Pimpinan dan staf UT Bogor menyampaikan terima kasih kepada para sponsor sehingga kegiatan RTTC dapat dilaksanakan tanpa memungut biaya dari peserta (gratis) dan bahkan memberikan hadiah kepada para peserta dan 40 orang terbaik hasil try out dari setiap sesinya berupa uang tunai, bingkisan dan beasiswa senilai puluhan juta rupiah.

IMG 6650


Selain dimeriahkan dengan hadiah-hadiah yang menarik para perserta juga disajikan dengan  games, modern dance, akustik band serta expo fakultas sehingga suasana try out UN menjadi relax dan informatif. Setelah mengerjakan try out sambil menunggu pengumuman 10 peserta nilai terbaik, peserta dicelikan mata hati dan mata pikirannya oleh kesaksian mahasiswa UT, Febby Anne yang memiliki pernah pengalaman sebagai full student sekaligus full worker full student. Febby mengilustrasikan 3 pilihan hidup setelah lulus SMA/SMK yang dialaminya. Pilihan pertama mengenai bagaimana jika menjadi full student yang tidak memiliki kepastian lulus sarjana sehingga melewatkan peluang kerja, kedua menjadi full worker sehingga peluang untuk naik jabatan menjadi sempit dikarenakan tersandung bukti fisik gelar sarjana dan ketiga adalah yang paling menarik yaitu bagaimana menjadi full worker sekaligus menjadi full student. Lebih lanjut Febby menjelaskan mengenai pilihan ketiga; disaat bekerja sekaligus kuliah, orang tersebut tidak hanya mengasah kemampuannya bekerja namun juga meningkatkan profesionalitasnya sering dengan penyelesaian kuliahnya selama 3,5 atau 4 tahun, sehingga diprediksikan pada umur 22-25 tahun orang tersebut sudah dapat menduduki jabatan yang berkelas.

Menurut Feby, Koordinator Pelakasana pada pilihan hidup ketiga inilah UT menempatkan diri. UT memberikan kesempatan bagi siapa saja, dengan umur tak terbatas dan dari status sosial mana saja untuk menempuh pendidikan tinggi dengan biaya yang terjangkau sehingga tak heran jika UT memiliki brand “making higher education open to all”. 

IMG 6819

Salah seorang peserta dari SMK PGRI 1 Bogor yang menjadi juara 1 di Sesi keempat kompetisi ini, Rika Nur Fauziah, mengaku senang mendapatkan hadiah beasiswa dari IKA-UT.  “Acara ini memotivasi banget, soalnya awalnya kan emang pingin kuliah, tapi gimana ya, orang tuakan pengennya suruh kerja dulu, tapi jadi pengen kerja sambil kuliah deh setelah ikut RTTC ini apalagi dapat beasiswa selama 4 semester”, jelasnya. Senada dengan juara II RTTC, Syahwaldy peserta dari SMK Pembangunan, mengaku tidak menyangka bisa menjadi juara kedua di Sesi Keempat dan mendapatkan beasiswa dari IKA-UT. “Pertama emang gak nyangka, tapi dari awal udah mempersiapkan,” tuturnya.

IMG 6701


Harapannya kegiatan yang tujuannya juga sosialiasi dan promosi dapat diselenggarakan oleh UT Bogor di tahun-tahun mendatang. –Red-

24-26 Januari 2017

Hotel Braja Mustika Bogor

braja mustika bogor 1

braja mustika bogor 2

braja mustika bogor 3

Pekan Pendidikan Perguruan Tinggi Ke II “Bogor Educational Fair 2016” merupakan wadah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat agar terus menuntut ilmu ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah agar masyarakat Kota Bogor memiliki pengetahuan seputar dunia perkuliahan. Lebih penting lagi, masyarakat Kota Bogor dapat menentukan pilihan Perguruan Tinggi yang dikehendaki, jurusan yang sesuai dengan minat, hingga fakultas yang tepat. UPBJJ-UT Bogor tidak membuang kesempatan untuk turut memeriahkan Pekan Pendidikan Perguruan Tinggi Ke II “Bogor Education Fair” yang diselenggarakan selama 3 hari di Ballroom Gedung Pertemuan Puri Begawan, Bogor. UPBJJ-UT Bogor melaksanakan kegiatan sosialisasi dan promosi, serta mengajak masyarakat khususnya pelajar SMA, MA dan SMK se Kota Bogor untuk bergabung meraih masa depan dengan pendidikan yang lebih tinggi dengan segala fleksibilitasnya.

Bogor education fair 2016

Pekan Pendidikan Perguruan Tinggi Ke II “Bogor Education Fair 2016” dibuka pada tanggal 23 Februari 2016, oleh Wali Kota Bogor yang diwakili oleh Seketaris Dinas Pendidikan Kota Bogor, Bapak H. Fahrudin, S.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Zeryn Komunika ini. Acara pembukaan dimulai dengan persembahan tari dan musik oleh anak-anak SMA, MA dan SMK se Kota Bogor yang sekaligus membuka rangkaian acara pentas seni.

Pameran pendidikan diikuti oleh puluhan perguruan tinggi yang berasal dari dalam dan luar negeri. UPBJJ-UT Bogor menempati Stand No 29 di Ballroom Gedung Pertemuan Puri Begawan. Lokasi ini sangat strategis karena semenjak acara dibuka stand UPBJJ-UT Bogor ramai dikunjungi oleh siswa-siswi yang meminta informasi tentang UT. Selain itu, UPBJJ-UT Bogor berkesempatan memprestasikan program UT bersama dengan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi.

liputan6

Minggu 21 Februari 2016, rombongan mahasiswa UPBJJ-UT Bogor dengan penuh semangat bergerak dari kantor UPBJJ-UT Bogor ke SCTV Tower pukul 06.30 menjawab tantangan dari Alumni UPBJJ-UT Jakarta Tommy Utomo yang telah lama berkecimpung di dunia Jurnalistik Liputan6.com untuk berselancar di “Community Meet UP”. Community Meet UP merupakan salah satu wadah perkumpulan “Sharing Knowledge” yang digadang oleh tim Liputan 6 SCTV untuk menyalurkan minat jurnalistik bagi kaula muda. Tantangan minimal keikut sertaan sebanyak 20 orang mahasiswa ini dijawab oleh sedikitnya 51 mahasiswa UPBJJ-UT Bogor dan Jakarta dari berbagai program studi yang memiliki minat ke-jurnalistikan.

Sesampainya di SCTV Tower rombongan disambut dengan hangat oleh Bapak Karmin Winarta selaku Community Development Manager Liputan 6, Bapak Gusman Adi dari Tim Google Educater group west Jakarta dan Ibu Alicia Van Akker selaku Founder Rumah MC Indonesia yang sekaligus merupakan narasumber pada kegiatan ini. Kegiatan ini terdiri dari tiga sesi sharing materi dan satu sesi kunjungan lokasi kerja ke-jurnalistikan di SCTV tower.

Sesi pertama “Creative writing” dibawakan oleh Bapak Karmin yang memberikan inspirasi tips membuat karya tulis yang menarik dengan melihat dan mengungkapkannya dari berbagai sudut pandang agar tulisan tidak terasa dingin. Dalam kesempatan ini Bapak Karmin dalam paparan materinya mengapresiasi mahasiswa UT yang datang dari berbagai program studi. Beliau mengatakan bahwa menulis memang seharusnya tidak melulu didominasi oleh mahasiswa jurusan bahasa dan komunikasi. Melalui media tulisan pesan ataupun informasi yang ingin disampaikan dapat bertahan lebih lama dan dapat memberikan kesan lebih lama jika tulisan yang dihasilkan dapat “menampar” muka pembacanya.

liputan6 UT Bogor

Sesi kedua materi “Google Apps untuk Mahasiswa” dibawakan oleh Bapak Gusman. Melalui materi ini mahasiswa diberikan informasi mengenai penggunaan aplikasi google secara gratis yang dapat menunjang proses pembelajaran seperti google docs, google power point, google calender sampai degan pembuatan kuesioner. Penggunaan aplikasi googel ini benar-benar sangat membantu mahasiswa UT yang menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh untuk dapat terus saling berdiskusi satu sama lain.

Pada sesi ketiga “Be A Great MC” dibawakan oleh Ibu Alicia. Melalui sesi ini mahasiswa mendapatkan pelatihan dan wawasan menjadi Master of Ceremony yang mumpuni dan dihadapkan pada tantangan 3 pilihan jalan hidup setelah lulus kuliah. Apakah ingin menjadi pegawai, profesional atupun pebisnis.

Sepanjang acara berlangsung mahasiswa UT Bogor dan Jakarta sangat antusias. Mereka begitu fokus mengikuti dan menyimak sajian dari para narasumber. Tak tarasa acara yang berlangsung dari jam 9.00-16.00 pun berakhir. Sebelum meninggalkan SCTV Tower, pada sesi keempat mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengunjungi lokasi-lokasi kerja untuk semakin menguatkan aroma jurnalistik.

Jajaran pimpinan dan staf UPBJJ-UT Bogor atas nama Universitas Terbuka mengucapkan terima kasih banyak kepada liputan 6 SCTV, Googgle Educater gorup west Jakarta dan Rumah MC Indonesia atas sharing ilmu yang telah dibagikan kepada para mahasiswa UT. Semoga acara ini dapat terus berlangsung dan melahirkan penulis-penulis handal Indonesia. –Red-

Wednesday, 10 February 2016 00:00

TRY OUT UJIAN NASIONAL DAN SEMINAR RISING TO THE CALL

Written by

Ricing to the call UT Bogor 2016 1

UPBJJ UT Bogor sukses menyelenggarakan kegiatan try out ujian nasional dan seminar bertajuk “Rising To The Call: I’m Here To Be Awesome”. Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari, yakni pada tanggal 06-07 Februari 2016 ini dihadiri oleh sekitar 1000 peserta yang berasal dari siswa/i SMA dan SMK Kabupaten dan Kota Bogor.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama UPBJJ UT Bogor, Mahasiswa UT serta disponsori oleh STAEDLER, Air Minum dalam kemasan AMIDIS, BANK BRI dan IKA UT. Sejak dibuka pada hari Sabtu, 06 Februari 2016 hingga hari kedua, Minggu 07 Februari 2016 acara ini mendapat perhatian pelajar kelas III SMA dan SMK yang secara antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.

Ricing to the call UT Bogor 2016 2

Hari Sabtu, tanggal 06 Februari 2016 try out dan seminar diperuntukkan bagi siswa-siswi SMK. Sedangkan di hari Minggu, tanggal 07 Februari 2016 pesertanya berasal dari siswa/i SMA. Selain melaksanakan tryout gratis kepada para siswa-siswi SMA dan SMK, UT Bogor juga membekali mereka dengan seminar seputar dunia kerja. Seminar dibawakan oleh para pemateri yang professional dibidangnya, diantaranya, Lie Sey Wan, Albert Surya Wanasida dan Susan Riswanto, SE, MM selaku alumni UT.

Di akhir sesi try out bagi mereka yang mendapat ranking 10 besar mendapat hadiah uang serta piala, selain itu IKA-UT wilayah UT Bogor juga memberi beasiswa ratusan juta rupiah bagi 100 orang siswa/I SMA dan SMK yang mendapat nilai baik serta berprestasi di Sekolahnya untuk kuliah di UT.

UPI 20161

Tanggal 28 Januari 2016 UT Bogor mewisuda 985 wisudawan/ti di UTCC Pondok Cabe. Rangkaian UPI didahului dengan seminar akademik dengan tema, Pembentukan Karakter dengan narasumber Kepala Bidang Dikmenti Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan tanggal 27 Januari 2016. Wisuda Periode I Tahun 2016 ini dihadiri oleh Rektor UT yang diwakili Pembantu Rektor II, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Para Kepala Dinas Kabupaten Kota di wilayah kerja UT Bogor serta Walikota Bogor yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Dalam sambutannya, para pejabat menyatakan kebanggannya kepada para wisudawan yang lulus dari Universitas Terbuka. Kelulusan ini tidak terlepas dari upaya mengimplementasikan budaya belajar mandiri yang menjadi konsep belajar UT sebagai PTJJ. Para pejabat juga menekankan hal yang sama bahwa kuliah di UT yang menerapkan konsep belajar mandiri merupakan modal bagi setiap lulusan untuk dapat bekerjasama dan berkompetisi secara sehat dalam mencerdaskan anak didik dan memberikan layanan prima dalam bidang pendidikan kepada masyarakat

Lulusan terbaik pada Upacara Penyerahan Ijazah kali ini diberikan kepada Sdri. Novia Oktavina dengan IPK 3,85 dari Program Studi S1 PGSD. Upacara Penyerahan Ijazah UT Bogor kali ini diiringi paduan suara Kelompok Belajar Bogor Utara yang melantunkan lagu-lagu daerah secara apik.

Silaturahmi Kepala UT Bogor dengan Walikota Bogor

Jajaran pimpinan UT Bogor mengadakan temu silaturahmi dengan Walikota Bogor, Kang Bima, di gedung Balaikota Bogor. Kunjungan tersebut merupakan upaya UT Bogor untuk memperkenalkan Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ) UT khususnya kepada Walikota Bogor, Kang Bima. Pertemuan yang mengusung tema,“Pengenalan Program Universitas Terbuka Guna Meningkatkan APK mahasiswa UT” ini berlangsung pada tanggal 02 Februari 2016.

Dalam bincang-bincang dengan jajaran pimpinan UT Bogor Kang Bima mendapat penjelasan tentang berbagai program di UT. Kang Bima sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan UT karena sebelum beliau menjabat sebagai walikota, beliau sudah beberapa kali menjadi pembicara pada Seminar Nasional FISIP-UT. Kali ini, mantan Pembantu Dekan III FISIP yang sekarang menjabat sebagai Kepala UT Bogor berkesempatan bertemu dan bersilaturahmi secara langsung dengan walikota Bogor.

Pada prinsipnya Kang Bima setuju bahwa segmen UT selain para lulusan siswa SLTA yang fresh graduate, khususnya adalah mereka yang ada di pelosok. ”UT harus menjangkau mereka yang tidak terjangkau”, begitu tegasnya. Selain itu, para Kabid juga menginformasikan bahwa tanggal 06-07 Januari 2016 UT Bogor akan melaksanakan try out Ujian Nasional bagi Siswa SMK/SMA se-Kabupaten dan Kota Bogor tanpa dipungut biaya. Selain itu, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UT akan memberi beasiswa bagi mereka yang berprestasi dan beasiswa yang diberikan itu sebagai kontribusi IKA UT terhadap almamater dan tanggung jawab moral untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Kunjungan yang hanya berkisar 1 jam itu di akhiri dengan foto bersama.

Monday, 01 February 2016 00:00

E-Buzz BRI Hadir di UPBJJ-UT Bogor

Written by

ebuzz

E-Buz BRI kini hadir di UPBJJ-UT Bogor Jl. Sholeh Iskandar No. 234 tanggal 17 Juni 2016, E-Buzz merupakan layanan perbankan di atas kendaraan yang telah didesain sedemikian rupa, sehingga layanan ini menyerupai Kantor Kecil (Mini Mobile Branch) yang dapat bergerak dan berpindah-pindah. Jadi, mahasiswa dapat melakukan pembayaran biling/LIP di UPBJJ-UT Bogor tanpa perlu ke Bank lagi

INTEGRASI TEORI DAN PRAKTEK PEMBELAJARAN Bogor


Matahari pagi hari ini Jumat 6 November 2015 tampil begitu ceria. Keceriaan ini juga tercermin pada wajah-wajah mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Dasar (MPDR) UPBJJ-UT Bogor yang siap berangkat ke dua Sekolah Dasar (SD) yang berada di wilayah kerja UPBJJ-UT Bogor untuk melakukan observasi dan menambah wawasan mengenai praktek pembelajaran dalam upaya memperdalam pemahaman matakuliah MPDR 5102 Integrasi Teori dan Praktek Pembelajaran.

Tepat jam 07.15 bus yang membawa rombongan mahasiswa MPDR yang dipawangi oleh Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd selaku tutor matakuliah tersebut meluncur ke lokasi pertama. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah SD bernuansa internasional. Sekolah ini bernama SD Bogor Raya. Setibanya dilokasi, kami disambut dengan ramah oleh Kepala sekolah SD Bogor Raya berserta jajaran pimpinan. Di sekolah ini mahasiswa melihat secara langsung dan memperoleh informasi mengenai tatacara dan implementasi praktek pembelajaran yang menggabungkan antara kurikulum 2013, PYP (Primary years program) dan Cambridge International Examination. Kunjungan di sekolah ini berakhir pukul sebelas dan kemudian dilanjutkan dengan solat Jumat bersama.

Seusai solat Jumat, bus pun melaju ke sekolah kedua yaitu sekolah swasta plus yang mengedepankan prinsip Bineka Tunggal Ika dan I love NKRI. Sekolah ini bernama SD Pelita Insani. Di sekolah ini mahasiswa memperoleh pemahaman bagaimana membangun insan-insan Indonesia untuk lebih cinta tanah air dan mempertahankan NKRI sampai akhir hayat.

INTEGRASI TEORI DAN PRAKTEK PEMBELAJARAN


Kegiatan kunjungan ini sangat dirasakan manfaatnya untuk mahasiswa MPDR UPBJJ-UT Bogor. Dari kedua kunjungan sekolah ini mahasiswa melihat dan mendapatkan banyak informasi mengenai berbagai macam media pembelajaran yang digunakan dan model-model pembelajaran yang inovatif yang dapat merangsang peserta didik untuk aktif belajar secara menyenangkan di sekolah.

Dengan cara membuka diri; studi banding pada proses pembelajaran di sekolah lain diharapkan mahasiswa MPDR UPBJJ-UT Bogor dapat lebih siap untuk mempersiapkan diri dan lebih terpanggil secara jiwa dan raga untuk menjadi pendidik professional menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia di tahun 2016 dan mempersiapkan Bonus Demografi Indonesia ditahun 2035 menuju Indonesia Emas. Karena di tangan dan di pundak Ibu/Bpk guru pendidikan dasar inilah nasib Bangsa Indonesia dititipkan melalui pendidikan yang mengedepankan sikap religious, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan agar tetap dapat mempertahankan hidup sebagai bangsa yang besar dan merdeka yaitu bangsa Indonesia.

Jajaran Pimpinan dan Staf UPBJJ-UT Bogor mengucapkan banyak terima kasih kepada SD Bogor Raya dan SD Pelita Insani yang telah bersedia sharing knowledge kepada mahasiswa MPDR UPBJJ-UT Bogor. Maju terus pendidikan Bangsa Indonesia.

- red-

Page 1 of 2