wrapper

Breaking News

Beasiswa

Beasiswa (8)

Friday, 05 May 2017 00:00

Seleksi Beasiswa PPA 2017

Written by

Pada tahun 2017 UT menerima alokasi dana Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Pemerintah melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti, untuk diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi. Ketentuan dan persyaratan Beasiswa PPA adalah sebagai berikut.

Ketentuan:

  1. Calon penerima adalah mahasiswa yang aktif jenjang Sarjana dan Diploma IV
  2. Terbuka untuk seluruh mahasiswa (dalam dan luar negeri, guru dan non-guru)

Persyaratan:

  1. IPK minimal 3,00 (FE, FISIP, dan FKIP) dengan beban studi minimal 15 sks per semester. Khusus FMIPA IPK minimal 2,75;
  2. Mahasiswa paling rendah duduk pada semester III dan paling tinggi duduk pada semester VII;
  3. Mahasiswa registrasi secara terus menerus tanpa paket/semester tertinggal sampai dengan semester berjalan;
  4. Mahasiswa tidak pernah mengajukan alih kredit dan bukan mahasiswa AKPMM (FKIP);
  5. Tidak menerima beasiswa atau bantuan biaya pendidikan yang bersumber dari APBN/APBD/CSR atau sumber lainnya.

Mahasiswa yang memenuhi ketentuan dan persyaratan di atas dapat mengajukan permohonan tertulis kepada Dekan Fakultas masing-masing dengan melampirkan berkas sebagai berikut.

  1. Fotokopi Kartu Mahasiswa;
  2. Fotokopi bukti registrasi 2 semester terakhir;
  3. Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya pada bidang ko-kurikuler dan/atau ekstra kurikuler (jika ada);
  4. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan biaya pendidikan dari sumber APBN/APBD/CSR atau sumber lainnya;
  5. Draf rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan/Program Studi;
  6. Fotokopi buku tabungan aktif atas nama mahasiswa yang bersangkutan.

Pendaftaran, pengajuan berkas, dan pengisian data calon secara online dilakukan mulai tanggal 27 April s.d 8 Mei 2017 melalui laman http://sro.ut.ac.id/beasiswa/ppa

Berkas fisik harus dikirim melalui pos ke PD III masing-masing Fakultas, paling lambat 8 Mei 2017 cap pos ke alamat:

PD III Fakultas ...........
Universitas Terbuka
Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang
Tangerang Selatan 15418

Informasi lebih lanjut tentang program Beasiswa PPA 2017 dapat menghubungi PD III Fakultas masing-masing berikut ini.

  1. PD III FE, email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., telp. 021-7490941 ekstensi 2104, 2114.
  2. PD III FISIP, email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., telp. 021-7490941 ekstensi 1904, 1930.
  3. PD III FKIP, email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., telp. 021-7490941 ekstensi 2004, 2036.
  4. PD III FMIPA, email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., telp. 021-7490941 ekstensi 1804, 1820.

Seleksi penerima Beasiswa PPA dilakukan berdasarkan sistem kompetisi, skala prioritas, dan kuota yang tersedia.

Ttd

Panitia Seleksi Beasiswa PPA 2017

Wednesday, 27 April 2016 00:00

Beasiswa dan Pendidikan di Australia

Written by

beasiswa australia

Beasiswa gubernur
 
Kamis, 25 Februari 2016 bertempat di Gedung Sabuga ITB Bandung, mahasiswa penerima beasiswa Penghargaan Atlit Guru dan Tenaga Medis (PAGM) asal UPBJJ-UT Bogor memenuhi undangan dari Gubenur Jawa Barat bersama sedikitnya 72 PTN dan PTS lainnya se-Jawa Barat. Acara yang lebih bersifat ramah tamah dengan Bapak Gubenur dan Jajaran pimpinan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Dispemprov Jabar) ini dimulai pukul 14.00-16.00.
 
Kegiatan yang mengusung tema “Beasiswa untuk Jabar yang lebih baik” ini dihadiri oleh Bapak Gubenur, Bapak Wakil Gubenur Jabar, jajaran pimpinan Dispemprov Jabar, pimpinan PLN Jawa Tengah, pimpinan Universitas penerima besasiswa dan sejumlah perwakilan mahasiswa penerima beasiswa PAGM. Pada kegiatan ini pula PT PLN Jawa Barat melalui LAZIS (lembaga amal zakat PLN)  juga memberikan beasiswa “Cahaya Pintar” sebesar 7 M untuk mahasiswa kurang mampu kepada sejumlah mahasiswa di Jabar.
 
Kegiatan simbolisasi penerimaan beasiswa PAGM diawali dengan serangkaian unjuk seni dan bakat dari beberapa perwakilan Universitas. Kemudian dilanjutkan dengan simbolisasi pemberian beasiswa PAGM dan PT PLN oleh Gubenur Jawa Barat. Pada kesempatan ini Universitas Terbuka khususnya UPBJJ-UT Bogor berkesempatan menjadi wakil penerima beasiswa guru. Simbolisasi penerimaan beasiswa ini diwakili oleh Rima Amelia Program Studi PGSD dengan IPK 4,00 yang berasal dari Pokjar Ciawi Bogor. Pada acara ini juga disampaikan testimoni perakilan mahasiswa penerima beasiswa asal Program Pasca Sarjana jenjang pendidikan S3 IPB. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Gubenur Jawa Barat, dan ditutup dengan pertunjukkan seni perwakilan Univeristas kembali.

Beasiswa gubernur2

Dalam sambutannya Bapak Gubenur Jawa Barat menyadari pentingnya pemberian beasiswa kepada Atlit, guru dan tenaga medis. Karena suatu negara akan lebih cepat  maju dan makmur dikarenakan prestasi dari para Atlitnya, guru yang bekerja mencerdaskan anak bangsa dan tenaga medis yang memberikan  pelayanan kesehatan. Dalam hal ini Bapak Gubenur mencontohkan negara Korea sebagai perbandingan dimana tanggal merdeka negara Korea dengan negara kita tidak jauh berbeda yaitu pada tanggal 15 Agustus 1945. Untuk itu Gubenur Jabar berharap minimal semua mahasiswa penerima beasiswa yang hadir pada acara tersebut dapat semakin berprestasi sehingga dapat mengetarkan Jawa Barat demi kemajuan Indonesia.

Jumlah beasiswa yang dikucurkan oleh Dispemprov Jabar tidaklah sedikit dan tediri dari berapa jenis mulai dari bantuan studi hingga penyelesaian tugas akhir tesis dan disertasi. Dana yang berasal dari APBD Jabar ini dikucurkan salah satunya ke UPBJJ-UT Bogor sebanyak 1,53 M untuk 255 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai Program Studi. Mahasiswa penerima beasiswa ini telah melalui proses seleksi dengan persyaratan antara lain lahir di Jawa Barat, kerja di Jawa Barat, IPK minimal 3 dan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

Jajaran pimpinan dan staf UPBJJ-UT Bogor atas nama Universitas Terbuka mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat atas dukungannya dibidang pendidikan bagi mahasiswa UT. Sudah saatnya Pemerintah Daerah, perusahaan-perusahaan lokal dan universitas saling bersinergi mendukung putra/putri daerah; berinvestasi di bidang pendidikan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik, bersama membangun Bangsa Indonesia. -Red-

Tuesday, 23 February 2016 00:00

BEASISWA GOVERNOR LIST [DIKMENTI DISDIKPROV JABAR]

Written by

Persyaratan:

  • Lahir di Jawa Barat, Kerja di Jawa Barat
  • Minimal semester II – Maksimal Semester VI
  • IPK minimal 3.00
  • Mengajukan permohonan tertulis kepada Kepala UPBJJ-UT Bogor dengan melengkapi persyaratan yg telah ditentukan.
  • Tidak sedang menerima bantuan belajar dan atau beasiswa dari sumber lain
  • Besarnya besasiswa Rp. 6000.000/tahun/mahasiswa
  • Periode 2015-2016 telah tersalurkan sebanyak 255 beasiswa untuk program studi Pendas dan Non Pendas
  • Bagi yang ingin mendaftar untuk periode 2016-2017 pendaftaran ditutup pada bulan Oktober 2016

Untuk tahun 2015 Penyerahan beasiswa PAGM Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah dilaksanakan tanggal 25 Februari 2016 di Gedung Sabuga ITB yang dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, informasi selanjutnya klik disini

Berdasarkan hasil seleksi, terlampir adalah daftar mahasiswa yang ditetapkan sebagai penerima Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa dan BBP PPA) Periode II Tahun 2015 sejumlah 1.100 mahasiswa.

Penerima Beasiswa dan BBP PPA periode II tahun 2015 meliputi mahasiswa penerima periode I yang memenuhi persyaratan untuk ditetapkan kembali dan mahasiswa penerima baru hasil seleksi periode II. Dana Beasiswa dan BBP PPA disalurkan ke rekening mahasiswa penerima di Bank Mandiri sejumlah Rp. 2.100.000 (dua juta seratus ribu rupiah).

Adapun ketentuan pencairan dana Beasiswa dan BBP PPA Periode II Tahun 2015 adalah sebagai berikut.

  1. Bagi penerima periode I yang memenuhi persyaratan untuk ditetapkan kembali pada periode II, dana disalurkan melalui rekening yang sudah dimiliki.
  2. Bagi penerima baru pada periode II, rekening diterbitkan oleh Bank Mandiri KCP Tangerang Pondok Cabe. Mahasiswa mengambil buku tabungan dan kartu ATM di UPBJJ-UT setempat dengan terlebih dulu melengkapi aplikasi (formulir) yang telah disediakan dan menyertakan foto copy kartu identitas yang berlaku (KTP). Pengambilan buku tabungan dan kartu ATM paling cepat 1 (satu) minggu setelah tanggal pengumuman ini.
  3. Mahasiswa dipersilakan untuk menggunakan dana Beasiswa dan BBP PPA untuk membayar uang kuliah masa registrasi 2016.1 melalui ATM Bank Mandiri.
  4. Penerima Beasiswa dan BBP PPA pada periode ini harus memelihara rekening (saldo) agar tetap aktif untuk keperluan pengajuan Beasiswa dan BBP PPA pada tahun 2016.

Daftar mahasiswa penerima Beasiswa & BBP PPA Periode II Tahun 2015 ditetapkan berdasarkan SK Rektor Nomor 8898/UN31/KEP/2015 dengan ketentuan apabila terdapat kekeliruan dalam penetapan tersebut, maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Pembantu Rektor III,

Ttd.

Aminudin Zuhairi

Lampiran:

  1. Daftar Mahasiswa Penerima Beasiswa PPA Periode II Tahun 2015 
  2. Daftar Mahasiswa Penerima BPP PPA Periode II Tahun 2015

Icon Pengumuman Dari Rektorat UTSehubungan dengan penambahan kuota, UT membuka kembali pendaftaran Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa dan BBP PPA) Tahun 2015 Tahap 2. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, sedangkan bantuan biaya pendidikan diberikan kepada mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikan namun memiliki potensi akademik.

Mahasiswa yang memenuhi ketentuan dapat mengirimkan permohonan tertulis (contoh form terlampir) kepada Rektor Cq. Dekan Fakultas masing-masing dengan melampirkan persyaratan yang ditentukan. Permohonan mahasiswa dikirimkan paling lambat 19 Oktober 2015 (Cap Pos) ke Fakultas masing-masing. Adapun ketentuan Beasiswa dan BBP PPA kuota tambahan tahun 2015 tahap 2 adalah sebagai berikut.

  1. Bagi mahasiswa yang aktif Program Non Pendas dan Non FKIP, program S1/Diploma IV, paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VII;
  2. IPK minimal 3,00 bagi mahasiswa calon penerima Beasiswa PPA dan IPK minimal 2,75 bagi mahasiswa calon penerima BBP PPA (berlaku untuk FISIP dan FEKON);
  3. IPK minimal 2,75 bagi mahasiswa calon penerima Beasiswa PPA dan IPK minimal 2,50 bagi mahasiswa calon penerima BBP PPA (berlaku untuk FMIPA).

Melengkapi berkas persyaratan sebagai berikut.

  1. Fotokopi kartu mahasiswa;
  2. Fotokopi bukti registrasi 2 semester terakhir, yaitu masa registrasi 2015.1 dan 2015.2;
  3. Fotokopi Kartu Keluarga;
  4. Lembar Kemajuan Akademik Mahasiswa (LKAM), yang akan dilengkapi oleh panitia di Fakultas;
  5. Surat keterangan tidak mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Instansi tempat orang tua bekerja (khusus untuk BBP);
  6. Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermaterai bagi yang berwirausaha (khusus bagi pemohon yang masih dalam tanggungan orang tua);
  7. Surat keterangan penghasilan bagi mahasiswa yang sudah bekerja dari instansi tempat bekerja;
  8. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD, di atas kertas bermaterai (contoh form terlampir);
  9. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas yang ditunjukan dengan surat keterangan berkelakuan baik dari Dekan masing-masing. Surat keterangan berkelakuan baik ditandatangani Dekan setelah berkas diterima Fakultas (contoh form terlampir).

Penetapan penerima Beasiswa dan BBP PPA dilakukan berdasarkan sistem kompetisi, skala prioritas, dan kuota yang tersedia di Fakultas masing-masing. Bagi mahasiswa yang sudah ditetapkan sebagai penerima Program Beasiswa dan BBP PPA pada tahap 1 tidak lagi perlu mengajukan permohonan tertulis. Penerima Beasiswa dan BBP PPA pada tahap 1 akan ditetapkan kembali pada tahap ke 2 setelah dilakukan verifikasi ulang ketentuan dan persyaratan.

Dana Beasiswa dan BBP PPA akan disalurkan melalui Bank Mandiri. Mahasiswa yang ditetapkan sebagai penerima Beasiswa dan BBP PPA akan diterbitkan nomor rekeningnya oleh Bank Mandiri. Informasi lebih lanjut tentang program Beasiswa dan BBP PPA dapat menghubungi PD III Fakultas masing-masing melalui telepon 021-7490941 dengan ekstensi sebagai berikut.

  1. PD III FMIPA, ekstensi 1804
  2. PD III FISIP, ekstensi 1904
  3. PD III FEKON, ekstensi 2104

Pembantu Rektor III,
Ttd.
Aminudin Zuhairi

Lampiran: Formulir Persyaratan Beasiswa dan BPP - PPA 2015.2 (Docx)

 

Sumber: ut.ac.id

Tanggal 30 September telah dilakukan penyerahan dana beasiswa PPA dan BBP-PPA tahap 1 tahun 2015 dalam bentuk ATM dan buku tabungan mandiripengambilan beasiswa

Sunday, 30 August 2015 00:00

Penerima Beasiswa BPP PPA Tahun 2015 Tahap 1

Written by

Berdasarkan SK Rektor No 5961/UN31/KEP/2015 tanggal 12 Agustus 2015 telah ditetapkan tentang penerima Beasiswa dan bantuan Biaya Pendidikan (BPP) Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) tahun 2015 tahap 1.

Berikut ini surat pemberitahuan, daftar penerima beasiswa dan mekanisme pencairan dana beasiswa sebagai berikut :

  1. Penerima BPP PPA tahun 20151 tahap 1
  2. Daftar mahasiswa penerima beasiswa PPA tahun 2015 tahap 1
  3. Daftar mahasiswa penerima BPP PPA tahun 2015 tahap 1
  4. Mekanisme pencairan dana beasiswa