wrapper

Breaking News

Pengumuman

Pengumuman (61)

67623374 691860801277674 727613603300010371 n

Bogor- Selamat datang kepada 4000 Mahasiswa baru Universitas Terbuka Bogor. Setelah mengikuti kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru, agenda selanjutnya adalah kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh. 

PKBJJ adalah pembekalan kepada mahasiswa baru agar dpat mengikuti kegiatan Tutorial Online dengan baik. Kegiatan PKBJJ dilaksanakan di Kab. Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabko Sukabumi, Kab. Cianjur. Silakan daftar di tempat yang terdekat di lokasi anda masing-masing. Silakan daftar di link berikut ini

Apa saja yang di bawa saat PKBJJ?

Mahasiswa membawa peralatan tulis lengkap dan membawa gawai yang bisa mengakses internet.

Membawa Modul atau Buku materi Pokok jika sudah ada.

Mahasiswa wajib membawa lembar kerja yang bisa diunduh di sini materi modul bisa diunduh di sini

Kemudian mahasiswa wajib membawa Lembar Informasi Pembayaran Registrasi yang diperoleh saat registrasi mahasiswa baru, Contohnya bisa dilihat di sini 

 

Monday, 26 August 2019 00:00

5 Fakta Penting Kenapa Kamu Harus Ikut PKBJJ!

Written by

PKBJJ 2

Bogor - Sebagai mahasiswa Universitas Terbuka, keterampilan belajar mandiri tentunya menjadi hal wajib untuk dimiliki. Memahami setumpuk modul bahan ajar bukanlah hal yang mudah. Perlu tips and trick agar sensasi belajar mandiri terasa menyenangkan. Pelatihan Kegiatan Belajar Mandiri akan mengajari rekan- rekan mahasiswa bagaimana serunya kuliah di UT, mulai dari membuat perencanaan perkuliahan, hingga berselancar menggunakan fasilitas UT Online yang melimpah. Berikut adalah lima alasan kenapa kamu harus mengikuti kegiatan PKBJJ Universitas Terbuka.

PKBJJ 1

1. Ketinggalan OSMB ini solusinya

Bagi teman-teman yang ketinggalan melaksanakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru, kegiatan PKBM ini menjadi alternatif bagi kalian untuk memahami kampus Universtias Terbuka tercinta. Mahasiswa nantinya akan diajari bagaimana memanfaatkan fasilitas UT Online. Mulai dari mengaskses bahan ajar digital, ruang baca virtual, UT TV, UT radio dan masih banyak lagi.

PKBJJ 3

2. Pandai mengatur waktu dengan PKBM

Mengelola waktu dengan baik adalah hal yang perlu dikuasai oleh setiap mahasiswa UT. Padatnya jam kerja bukanlagi halangan jika mahasiswa ikut kegiatan PKBJJ. Semuanya kegiatan benar-benar kami petakan sedetil mungkin. Bahkan kami pun akan mengajarkan bagaimana mahasiswa sempat membaca modul, padahal sedang ada di acara kondangan. Sehingga setiap waktu anda akan terencana dengan sempurna.

MODUL

3. Memahami Modul Secepat Membaca Subtitle Drama Korea

Modul yang menggunung, kini bukan lagi masalah bagi Mahasiswa UT. PKBJJ akan mengajari rekan-rekan mahasiswa agar bisa memahami modul secepat kilat. Kami akan mengajari mahasiswa bagaimana trik membaca cepat. Bagaimana membuat peta konsep dan peta pikiran semudah membalikkan telapak tangan. Peta konsep dan peta pikiran akan sangat berguna untuk mengkompres modul setebal 300 halaman dirangkum di atas secarik kertas selembar. That's Possible in PKBJJ!

Vika

4. Masih bingung dengan Akun Sia dan Elearning? Ayo Gabung PKBM!

Sebagai Mahasiwa aktif Universitas Terbuka, kelihaian memanfaatkan berbagai jenis aplikasi tentunya wajib dilatih. Terutama aplikasi yang rutin digunakan setiap semester seperti istem Informasi Akademik atau sia.ut.ac.id dan Tutorial Online di elearning.ut.ac.id. Aplikasi ini wajib dikuasai setiap mahasiswa, karena aktivitas rutin seperti melihat nilai, melakukan registrasi matakuliah, melakukan registrasi ujian online, hingga tutorial online semuanya dalam aplikasi ini. Kalian masih belum paham dua aplikasi ini? yuk ikut PKBJJ.

uPI 2

5. IPK di atas 3,5 bukan hanya impian

Dengan segudang trik yang aplikatif dan sangat mudah diterapkan dalam perkembangan akademik tiap mahasiswa, IPK Cumlaude bukan hanya angan-angan. Dengan segala macam lifehack yang diajarkan di PKBJJ mulai dari perencanaan kegiatan belajar, membuat peta pikiran, semua itu dipadu dengan kelihaian menggunakan fasilitas UT online, kuliah di UT semakin seru dan menyenangkan. Selanjutnya, hadapilah kenyataanmu memiliki nilai di atas rata-rata. UT, Luar Biasa!

Belum Daftar PKBJJ? Silakan Klik Disini 

Bagaimana Cara Cek Jadwal PKBJJ kamu? Yuk ke Sini

 

 

 

OSMB 3

Salam!

Kepada mahasiswa baru Universitas Terbuka Masa Registrasi 20192, kami sampaikan jadwal Orientasi Studi Mahasiwa Baru (OSMB). OSMB diadakan dari tanggal 24 agustus hingga 9 September 2019 di UT Bogor. Dari tanggal tersebut mahasiswa hanya mengikuti satu kali OSMB sesuai jadwal yang ditentukan saat registrasi mahasiswa baru. Orientasi ini bersifat penting mengingat Mahasiswa UT wajib memiliki keterampilan belajar Mandiri.

OSMB 1

Dalam OSMB mahasiswa akan diajari cara Aktivasi Tutorial Online dan dipertemukan dengan teman-teman sejurusan sehingga bisa menjalin keakraban dengan sesama Mahasiswa. Selain itu mahasiswa nanti akan diperkenalkan dengan jajaran pimpinan UT Bogor dan staff UT bogor yang akan siap melayani kebutuhan akademik mahasiswa saat menjalani perkuliahan.

OSMB 2

Hal yang perlu diperhatikan saat OSMB mahasiswa diminta untuk menggunakan kemeja atau atasan putih, dan bawahan hitam. Mahasiswa juga diharuskan membawa uang sebesar Rp 150 ribu untuk membeli jaket almamater di gerai Ikatan Alumni Universitas Terbuka.

Demikian pengumuman yang kami sampaikan, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat menghadiri kegiatan ini. Terima Kasih

Sukses Selalu!

 

Masih Belum Daftar OSMB? Klik di Sini

Bagaimana Cara Mengecek Jadwal OSMB Kamu? di sini

cermat

 

Halo Mahasiswa UT Bogor!

Kami sampaikan jadwal aktivasi dan pengisian formulir kesediaan mengikuti tutorial online (Tuton) diperpanjang. Mahasiswa masih bisa aktivasi dan mengisi form kesediaan tuton hingga Senin, 25 Maret 2019. 

Sebelum mengisi form kesediaan Tuton, pastikan sudah melakukan registrasi Tuton di akun sia.ut.ac.id. Jika belum, silakan update registrasi Tuton melalui aplikasi sia.ut.ac.id, atau silakan datang ke UT Bogor untuk meminta bantuan di pelayanan mahasiswa.  

Bagi mahasiswa yang belum aktivasi dan mengisi form kesediaan mengikuti Tuton, silakan gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Mudah-mudahan perpanjangan ini dapat membantu mahasiswa yang belum melakukan aktivasi ataupun mengisi form kesediaan mengikuti Tuton.

Demikian informasi mengenai tutorial online. Selamat belajar dan salam Sukses! 

 

Monday, 18 March 2019 00:00

Informasi Peserta Tugas Remediasi 2019.5

Written by

targetkan

 

Halo Mahasiswa Universitas Terbuka Bogor

Berikut daftar nama peserta tugas remediasi masa 2019.5 (Nama terlampir). Matakuliah yang bisa diremediasi hanya yang tertera di lampiran. Anda dapat mencetak Lembar Informasi Pembayaran (LIP) Tugas Remediasi melalui sia.ut.ac.id atau datang ke UT Bogor.

Ada beberapa hal penting yang harus dicatat oleh peserta yang tercantum dalam jadwal. Antara lain:

 

*Batas akhir pencetakan LIP tugas remediasi Selasa, 02 April 2019.

*Batas akhir pembayaran LIP, Jumat 05 April 2019.

*Tugas bisa diperoleh di kantor UT Bogor. 

*Batas akhir penyerahan jawaban tugas remediasi, Jumat 15 April 2019.

*Pengumuman nilai tugas remediasi, Selasa 28 Mei 2019.

 

Demikian pengumuman ini kami sampaikan. Selamat mengerjakan tugas remediasi, Semoga mendapatkan hasil yang terbaik!

 

Salam Sukses!

Lampiran Daftar Peserta Remediasi

 

 

OSMB Pasca Sarjana Bogor 20152

Salam!

Kepada mahasiswa baru Universitas Terbuka Masa Registrasi 20191, kami sampaikan jadwal Orientasi Studi Mahasiwa Baru (OSMB). OSMB diadakan pada tanggal 4,5,6, dan 8 Maret 2019 di UT Bogor. Dari tanggal tersebut mahasiswa hanya mengikuti satu kali OSMB sesuai jadwal yang ditentukan (Jadwal tiap mahasiswa terlampir di Daftar Peserta OSMB UT Bogor). Orientasi ini bersifat penting mengingat Mahasiswa UT wajib memiliki keterampilan belajar Mandiri.

Dalam OSMB mahasiswa akan diajari cara Aktivasi Tutorial Online dan dipertemukan dengan teman-teman sejurusan sehingga bisa menjalin keakraban dengan sesama Mahasiswa. Selain itu mahasiswa nanti akan diperkenalkan dengan jajaran pimpinan UT Bogor dan staff UT bogor yang akan siap melayani kebutuhan akademik mahasiswa saat menjalani perkuliahan.

Hal yang perlu diperhatikan saat OSMB mahasiswa diminta untuk menggunakan kemeja atau atasan putih, bawahan hitam, dan bersepatu. Mahasiswa juga diharuskan memiliki almamater yang dapat diperoleh di gerai Ikatan Alumni Universitas Terbuka seharga Rp 150.000 pada saat OSMB.

Demikian pengumuman yang kami sampaikan, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat menghadiri kegiatan ini. Berikut adalah jadwal pelaksanaan OSMB Mahasiswa Baru UT Bogor. Mohon maaf apabila ada sedikit penyesuaian dari jadwal awal yang telah dipilih. Terima Kasih.

Sukses Selalu!

 

Lampiran:

Jadwal Pelaksanaan OSMB UT Bogor Masa Registrasi 20191

Daftar Peserta OSMB UT Bogor Masa Registrasi 20191

Friday, 14 December 2018 00:00

Daftar Mahasiswa Belum Unggah KARIL Masa 20182

Written by

Berikut daftar mahasiswa UPBJJ - UT Bogor yang belum unggah karil per tanggal 13 Desember 2018. Batas akhir unggah karil sampai 17-12-2018 , 23:59:59

Download :
Panduan penulisan karya ilmiah
Daftar Mahasiswa Belum Unggah KARIL Masa 20182

Tuesday, 27 November 2018 00:00

Ujian Akhir Semester 20182

Written by

Ujian Akhir Semester (UAS) masa ujian 20182 akan dilaksanakan tgl 9, 15 dan 16 Desember 2018. Untuk print KTPU mahasiswa wilayah ujian UT Bogor bisa ke http://bogor.ut.ac.id/ktpu

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa yaitu :

  • KTPU ini hanya untuk wilayah ujian UT Bogor yaitu Kota/Kab. Bogor, Kota/Kab. Sukabumi, Depok dan Cianjur. Untuk lokasi ujian bukan wilayah Bogor langsung ke http://sia.ut.ac.id/ktpu atau silahkan Hub. UPBJJ tempat tujuan wilayah ujian
  • Lokasi ujian tidak sesuai silahkan ajukan numpang ujian yg menggunakan LJU manual bukan digital printing, jika memungkinkan kami harapkan sesuai dengan lokasi ujian KTPU karena sudah digital printing
  • Cetakan 2 adalah KTPU Perbaikan dari cetakan 1 atau yang belum ada pada cetakan 1
  • KTPU yang belum ada (pastikan wilayah ujian UT Bogor) atau matakuliah tidak sesuai silahkan kirim LIP Registrasi dan bukti bayar ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Setelah download KTPU lokasi ujian masih kosong sehingga mahasiswa harus mencocokkan sendiri lokasi ujian sesuai wilayah ujian, hari dan ruang ujiannya di bawah ini :

  1. Lokasi Ujian Kota Bogor
  2. Lokasi Ujian Kabupaten Bogor
  3. Lokasi Ujian Depok
  4. Lokasi Ujian Cianjur
  5. Lokasi Ujian Kota Sukabumi
  6. Lokasi Ujian Kabupaten Sukabumi
  7. Lokasi Ujian ASN Ciawi
Friday, 03 August 2018 00:00

Lomba Video Pembelajaran Kreatif 2018

Written by

Dalam rangka Dies Natalis ke 34, Universitas Terbuka menyelenggarakan lomba Video Pembelajaran Kreatif dengan tema: "Guru Kreatif Anak Produktif".

Lomba terbuka bagi para guru, mulai dari guru PAUD, SD, SMP dan SMA.

Jadwal lomba:

  • Pendaftaran dan Pengiriman Karya, 12 Juli - 20 Agustus 2018.
  • Penjurian Karya, 21 Agustus - 30 Agustus 2018
  • Pengumuman Nominasi, 3 September 2018

Ketentuan Video yang dilombakan

  1. Video berdurasi sekitar 3-5 menit
  2. Karya orisinal
  3. Karya yang dibuat merupakan program pembelajaran kreatif yang dikembangkan sendiri/kelompok
  4. Tidak melanggar HAKI
  5. Tidak mengandung unsur SARA
  6. Kriteria Penilaian: kesesuaian dengan tema, Ide dan pesan yang disampaikan, orisinalitas cerita, teknik pengambilan gambar (no shake)

Cara Mengikuti Lomba Video Pembelajaran

  1. Mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran di http://gurupintar.ut.ac.id
  2. Karya dalam format file .MOV, .AVI, .MKV, .MP4 atau .MPEG, dikumpulkan dalam DVD disertai dengan box cover yang bertuliskan Judul, Nama Peserta/Tim, dan Asal Institusi/Sekolah
  3. Karya dan Formulir pendaftaran dikirim ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tujuan lomba video pembelajaran ini, untuk memperkaya video-video pembelajaran pada portal Guru Pintar Online, Universitas Terbuka gurupintar.ut.ac.id

lampiran: Poster Lomba, Formulir

sumber : ut.ac.id

Terlampir Ijazah lama yang berada di UPBJJ UT Bogor tetapi belum diambil oleh mahasiswa

Lampiran :

Ijazah lama yang masih tersimpan di UPBJJ Bogor

Page 1 of 5