wrapper

Breaking News

Thursday, 13 September 2018 00:00

Pelatihan Kecakapan Hidup Warga Yatim, Sulap Barang Bekas Jadi Berharga

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

abdimas ut bogor 2018

Sabtu 8 September 2018 bertempat di Kecamatan Taman Sari, Kab Bogor, para dosen Universitas Terbuka Bogor kembali menyusuri kecamatan dan desa di area kerja UT Bogor untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi berupa pengabdian pada masyarakat (Abdimas). Kemacetan dan panas terik tidak menjadi halangan untuk melakukan kegiatan abdimas. Kali ini Tema yang diusung adalah “Selangkah ke depan, sejuta kesempatan untuk masa depan” dengan pemberian kecakapan hidup bagi anak dan ibu yatim untuk mengolah barang bekas menjadi barang berharga yang bernilai ekonomi tinggi.

abdimas ut bogor 2018 2

Potensi alam Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor yang berada di kaki Gunung Salak yaitu berupa aliran air melimpah, banyak dimanfaatkan oleh warga untuk membuka pemancingan ikan umum. Warga pendatang maupun warga lokal selain menikmati indahnya seni memancing juga dapat sekaligus menikmati pemandangan ke arah Gunung Salak yang permai. Kegiatan memancing ini biasa dilakukan oleh warga sejak mata hari terbit hingga dini hari. Untuk memaksimalkan hasil pancingannya warga sering kali mengganjal mata dengan kopi dan gorengan. Sampah-sampah hasil warga yang memancing ini membuat pemandangan di lokasi pemancingan maupun di jalan-jalan menjadi kotor. Plastik bungkus kopi, plastik bekas gorengan dan koran bertebaran. Hal ini tentu saja memberikan dampak yang kurang baik bagi lingkungan. Terutama sampah plastik. Terkadang sampah-sampah plastik ini dibuang begitu saja ke selokan atau ke tanah kosong. Hal ini menyebabkan mampetnya saluran air dan ketidaksuburan tanah.

abdimas ut bogor 2018 4

Berawal dari pandangan mata inilah staf edukatif UT Bogor yang berada tak jauh dari Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor tergerak untuk memberi pelatihan kecakapan hidup. Kegiatan Abdimas ini ditujukan kepada anak dan ibu yatim yang berada di sekitar daerah itu. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan kecakapan hidup untuk memanfaatkan barang-barang yang berada di sekitar yang masih dapat diolah dan dimanfaatkan, sekaligus mengangkat perekonomian.

abdimas ut bogor 2018 3

Rangkaian kegiatan abdimas pada hari ini diikuti oleh sekitar 50 orang anak dan ibu yatim. Pelatihan berupa merakit bungkus kopi menjadi tempat tisu, tas dan taplak meja pun diberikan. Plastik kresek yang tak berarti disulap menjadi bunga mawar yang cantik, kertas koran dan kertas-kertas bekas pun termanfaatkan menjadi tempat pensil. Warga belajar mengikuti dengan penuh antusias. Untuk pemasaran hasil kreativitas warga, staf edukatif UT Bogor pun memberikan pelatihan E-Commerce. Warga diajak untuk berkenalan dan memasuki pasar dunia online yang memberikan banyak kemanfaatan dibandingkan dengan pasar konvensional.

abdimas ut bogor 2018 1

Kegiatan Abdimas ini tak hanya berhenti pada pengolahan sampah, pada rangkaian abdimas ini UT Bogor juga memberikan pelatihan berupa tata rias wajah dan potong rambut bagi warga yatim di daerah ini. Harapannya dengan kreativitas yang tinggi, perekonomian anak dan ibu yatim di daerah ini dapat terangkat dan anak-anak dapat kembali mengenyam bangku pendidikan untuk menggapai cita cita mereka.

Read 228 times Last modified on Thursday, 13 September 2018 14:21

Media