wrapper

Breaking News

Wednesday, 16 September 2015 00:00

MEMBANGUN SEMANGAT KEBERSAMAAN MELALUI OSMB PASCASARJANA UNIVERSITAS TERBUKA

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Pada Masa Registrasi 2015.2 UPBJJ-UT Bogor menyelenggarakan Orientasi Mahasiswa Baru (OSMB) PPs bertempat di Kantor UPBJJ-UT Bogor bekerjasama dengan Sentra layanan UT (SALUT). OSMB PPs dilaksanakan selama dua hari yang melibatkan juga semua tutor tatap muka UT Bogor. OSMB hari pertama pada hari Sabtu tanggal 1 Agustus 2015 diperuntukan bagi calon tutor tatap muka Program Studi Magister Pendidikan Dasar (MPDR); dikemas dalam bentuk workshop. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mensosialisasikan kebijakan PPs kapada calon tutor. Hal ini sangat penting karena sistem tutorial PPs merupakan sinergi antara tutorial tatap muka dan tutorial online. Pada kesempatan ini para calon tutor PPs juga diberikan pelatihan menggunakan aplikasi tutorial online dan wacana mengenai pengembangan sistem belajar di UT dengan software dari Pesonaedu yang akan dapat diakses oleh civitas akademika melalui website UT juga melalui SALUT.

OSMB Pasca Sarjana Bogor 20152

Sedangkan pada hari kedua; Minggu 2 Agustus 2015, OSMB PPS diikuti oleh 48 mahasiswa Magister Pendidikan Dasar Pendas dan 7 mahasiswa Magister fully online (Magister Manajemen, Magister Administrasi Publik, Magister Manajemen Perikanan, dan Magister Pendidikan Matematika). Pada kegiatan ini mahasiswa dibekali dengan pemahaman sistem belajar di PPs, cara belajar cerdas, kode etik penulisan karya ilmiah, pelatihan tutorial online dan wawasan cara mengajar sambil bermain dengan menggunakan software dari Pesonaedu. Kegiatan OSMB mahasiswa ini sangat penting terutama pemahaman mengenai kode etik penulisan karya ilmiah; sejak awal mahasiswa sudah dibekali dengan pengetahuan anti plagiasi agar dalam mengerjakan tugas tutorial dan pembuatan Tugas akhir program (TAP)/tesis tidak melakukan tindakan plagiat.

Antusiasme mahasiswa S2 terlihat terutama ketika mereka praktek menggunakan aplikasi tutorial online. Dengan adanya praktek bersama penggunaan aplikasi tutorial online, mahasiswa menyadari bahwa kuliah di PPs UT sangatlah menyenangkan. Karena dengan sistem belajar online mereka dapat semakin membangun networking dengan berdiskusi bersama mahasiswa UT di seluruh Indonesia. Semoga antusiasme dan semangat kebersaman mahasiswa ini tetap berlanjut sampai 4 semester yang akan datang dan bersua dalam satu panggung wisuda PPs. –red-

Read 2067 times Last modified on Monday, 16 November 2015 16:15