wrapper

Breaking News

Perpanjangan Waktu Unggah Karil Mahasiswa Pendas 20152

Berdasarkan surat dari PR3 no. 43158/UN.31/KM/2015 tanggal 22 Desember 2015, batas akhir unggah karil mahasiswa pendas 20152 diperpanjang sampai dengan hari minggu, 3 Januari 2016

Read more

Survei Pembelajaran di Perguruan Tinggi Negeri

Yth. Responden Survei Pembelajaran

Pembelajaran merupakan aktivitas inti dan utama dalam penyelenggaraan program pendidikan tinggi. Berhasil tidaknya perguruan tinggi dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas akan sangat ditentukan dari kinerja dan efektivitas pembelajaran.

Pada kesempatan ini Anda diminta ikut berpartisipasi dalam pengisian Survei Pembelajaran di Perguruan Tinggi Negeri.

TUJUAN

Kegiatan Survei Pembelajaran di Perguruan Tinggi Negeri ini merupakan upaya untuk memetakan pembelajaran di PTN dengan menggunakan instrumen survei yang dikembangkan khusus untuk mengukur proses pembelajaran, dan dikombinasikan dengan data perguruan tinggi yang tersedia di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Kemristekdikti.

Hasil dari Survei Pembelajaran diharapkan dapat menggambarkan peta proses pembelajaran di PTN, serta aspek-aspek yang memerlukan upaya-upaya khusus untuk pengembangan dan peningkatan kualitasnya, sehingga dapat dicapai kualitas unggul pendidikan tinggi di Indonesia.

KOMPONEN KUESIONER

Kuesioner untuk Mahasiswa terdiri dari 49 item pertanyaan dengan bentuk Likert - rating scale (1 = tidak pernah s.d. 4 = selalu).

Harap diperhatikan beberapa pertanyaan memiliki skala pilihan yang berbeda;

  • Pertanyaan nomor 32-37 (1 = tidak bermanfaat s.d. 4 = sangat bermanfaat)
  • Pertanyaan nomor 38-41 (1 = sangat tidak puas s.d. 4 = sangat puas)
  • Pertanyaan nomor 42-49 (1 = tidak ada s.d. 4 = sangat besar)

INFORMASI DAN LANGKAH - LANGKAH PENGISIAN KUESIONER

  1. Kuesioner ini dibuat dalam format web-based (online) questionnaire sehingga Anda memerlukan browser dan koneksi Internet untuk mengisinya. Tautan Kuesioner Mahasiswa: http://bit.ly/PBM-Mahasiswa
  2. Perlu diketahui bahwa tidak ada jawaban benar dan salah untuk tiap-tiap item kuisioner.
  3. Kerahasiaan data Anda dijamin karena Anda tidak perlu mengisi identitas nama.
  4. Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih 25 menit untuk menyelesaikannya.
  5. Tanda bintang (*) yang ada di bagian kanan atau akhir item menandakan bahwa Anda harus mengisi item tersebut.
  6. Kuesioner terdiri dari beberapa halaman. Anda perlu menekan tombol “Continue” untuk melanjutkan ke halaman selanjutnya. Jika Anda ingin memastikan jawaban pada halaman yang telah dilewati, Anda masih dapat kembali lagi ke halaman tersebut dengan menekan tombol “Back”.
  7. Kuesioner akan menampilkan pesan “This is a required question” (dalam kotak berwarna merah) jika Anda lupa mengisi salah satu item saat akan berpindah ke halaman selanjutnya.

JADWAL

Jadwal Pengisian Kuesioner: sampai dengan 31 Desember 2015.

Partisipasi Anda dalam pengisian Survei Pembelajaran ini sangat kami hargai demi pengembangan dan peningkatan kualitas proses pembelajaran di Perguruan Tinggi.

Atas perhatian dan bantuannya, kami sampaikan terima kasih.

 

Panitia Pelaksana Survei Pembelajaran

Read more

Integrasi Teori Dan Praktek Pembelajaran Program Studi Magister Pendidikan Dasar UPBJJ-UT Bogor

INTEGRASI TEORI DAN PRAKTEK PEMBELAJARAN Bogor


Matahari pagi hari ini Jumat 6 November 2015 tampil begitu ceria. Keceriaan ini juga tercermin pada wajah-wajah mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Dasar (MPDR) UPBJJ-UT Bogor yang siap berangkat ke dua Sekolah Dasar (SD) yang berada di wilayah kerja UPBJJ-UT Bogor untuk melakukan observasi dan menambah wawasan mengenai praktek pembelajaran dalam upaya memperdalam pemahaman matakuliah MPDR 5102 Integrasi Teori dan Praktek Pembelajaran.

Tepat jam 07.15 bus yang membawa rombongan mahasiswa MPDR yang dipawangi oleh Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd selaku tutor matakuliah tersebut meluncur ke lokasi pertama. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah SD bernuansa internasional. Sekolah ini bernama SD Bogor Raya. Setibanya dilokasi, kami disambut dengan ramah oleh Kepala sekolah SD Bogor Raya berserta jajaran pimpinan. Di sekolah ini mahasiswa melihat secara langsung dan memperoleh informasi mengenai tatacara dan implementasi praktek pembelajaran yang menggabungkan antara kurikulum 2013, PYP (Primary years program) dan Cambridge International Examination. Kunjungan di sekolah ini berakhir pukul sebelas dan kemudian dilanjutkan dengan solat Jumat bersama.

Seusai solat Jumat, bus pun melaju ke sekolah kedua yaitu sekolah swasta plus yang mengedepankan prinsip Bineka Tunggal Ika dan I love NKRI. Sekolah ini bernama SD Pelita Insani. Di sekolah ini mahasiswa memperoleh pemahaman bagaimana membangun insan-insan Indonesia untuk lebih cinta tanah air dan mempertahankan NKRI sampai akhir hayat.

INTEGRASI TEORI DAN PRAKTEK PEMBELAJARAN


Kegiatan kunjungan ini sangat dirasakan manfaatnya untuk mahasiswa MPDR UPBJJ-UT Bogor. Dari kedua kunjungan sekolah ini mahasiswa melihat dan mendapatkan banyak informasi mengenai berbagai macam media pembelajaran yang digunakan dan model-model pembelajaran yang inovatif yang dapat merangsang peserta didik untuk aktif belajar secara menyenangkan di sekolah.

Dengan cara membuka diri; studi banding pada proses pembelajaran di sekolah lain diharapkan mahasiswa MPDR UPBJJ-UT Bogor dapat lebih siap untuk mempersiapkan diri dan lebih terpanggil secara jiwa dan raga untuk menjadi pendidik professional menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia di tahun 2016 dan mempersiapkan Bonus Demografi Indonesia ditahun 2035 menuju Indonesia Emas. Karena di tangan dan di pundak Ibu/Bpk guru pendidikan dasar inilah nasib Bangsa Indonesia dititipkan melalui pendidikan yang mengedepankan sikap religious, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan agar tetap dapat mempertahankan hidup sebagai bangsa yang besar dan merdeka yaitu bangsa Indonesia.

Jajaran Pimpinan dan Staf UPBJJ-UT Bogor mengucapkan banyak terima kasih kepada SD Bogor Raya dan SD Pelita Insani yang telah bersedia sharing knowledge kepada mahasiswa MPDR UPBJJ-UT Bogor. Maju terus pendidikan Bangsa Indonesia.

- red-

Read more

MEMBANGUN SEMANGAT KEBERSAMAAN MELALUI OSMB PASCASARJANA UNIVERSITAS TERBUKA

Pada Masa Registrasi 2015.2 UPBJJ-UT Bogor menyelenggarakan Orientasi Mahasiswa Baru (OSMB) PPs bertempat di Kantor UPBJJ-UT Bogor bekerjasama dengan Sentra layanan UT (SALUT). OSMB PPs dilaksanakan selama dua hari yang melibatkan juga semua tutor tatap muka UT Bogor. OSMB hari pertama pada hari Sabtu tanggal 1 Agustus 2015 diperuntukan bagi calon tutor tatap muka Program Studi Magister Pendidikan Dasar (MPDR); dikemas dalam bentuk workshop. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mensosialisasikan kebijakan PPs kapada calon tutor. Hal ini sangat penting karena sistem tutorial PPs merupakan sinergi antara tutorial tatap muka dan tutorial online. Pada kesempatan ini para calon tutor PPs juga diberikan pelatihan menggunakan aplikasi tutorial online dan wacana mengenai pengembangan sistem belajar di UT dengan software dari Pesonaedu yang akan dapat diakses oleh civitas akademika melalui website UT juga melalui SALUT.

OSMB Pasca Sarjana Bogor 20152

Sedangkan pada hari kedua; Minggu 2 Agustus 2015, OSMB PPS diikuti oleh 48 mahasiswa Magister Pendidikan Dasar Pendas dan 7 mahasiswa Magister fully online (Magister Manajemen, Magister Administrasi Publik, Magister Manajemen Perikanan, dan Magister Pendidikan Matematika). Pada kegiatan ini mahasiswa dibekali dengan pemahaman sistem belajar di PPs, cara belajar cerdas, kode etik penulisan karya ilmiah, pelatihan tutorial online dan wawasan cara mengajar sambil bermain dengan menggunakan software dari Pesonaedu. Kegiatan OSMB mahasiswa ini sangat penting terutama pemahaman mengenai kode etik penulisan karya ilmiah; sejak awal mahasiswa sudah dibekali dengan pengetahuan anti plagiasi agar dalam mengerjakan tugas tutorial dan pembuatan Tugas akhir program (TAP)/tesis tidak melakukan tindakan plagiat.

Antusiasme mahasiswa S2 terlihat terutama ketika mereka praktek menggunakan aplikasi tutorial online. Dengan adanya praktek bersama penggunaan aplikasi tutorial online, mahasiswa menyadari bahwa kuliah di PPs UT sangatlah menyenangkan. Karena dengan sistem belajar online mereka dapat semakin membangun networking dengan berdiskusi bersama mahasiswa UT di seluruh Indonesia. Semoga antusiasme dan semangat kebersaman mahasiswa ini tetap berlanjut sampai 4 semester yang akan datang dan bersua dalam satu panggung wisuda PPs. –red-

Read more